MANFAATKAN MASA MUDAMU SEBAIK MUNGKIN, RAJIN PANGKAL PANDAI

Selasa, 17 Februari 2009

Trik Belajar Matematika

Views


  1. Pahami materi (cermati semua informasi yang ada)
  2. Perlu keberanian (berani mencoba), dengan ini kita akan dapat memahami dan menjadi suatu pengalaman yang sulit terlupakan

Ini trik belajar
  1. Baca semua yang disampaikan dalam buku
  2. Pahami teori atau rumus-rumus yang ada
  3. Kerjakan soal dari yang termudah (biasanya buku sudah mengurutkannya dalam soal)
  4. Bila mendapat kesulitan, coba periksa dan pahami teori atau rumus-rumusnya kembali
  5. Kalau langkah 1-4 tidak ada kendala, anda harus siap-siap melihat model-model soal yang lain sebagai pengalaman. Bila konsep dasar sudah dimengerti, tingkat soal-soal matematika hanya bermain pada model-model soal.
  6. 1-4 anda telah menjadi matematika-mania, jika ditambah dengan no 5, anda telah mahir matematika.

Menyelesaikan pertidaksamaan
Langkah biasa
  1. Menyederhanakan pertidaksamaan
  2. Mencari nilai x (menentukan nilai variabel)
  3. Dari satu dan dua, sehingga dapat ditentukan batas-batas x yang memenuhi pertidaksamaan.

Menyelesaikan soal
  1. Gunakan informasi atau data yang ada dalam soal.
  2. Hubungkan informasi atau data yang ada dengan teori/rumus yang dapat digunakan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Ingat!, biasanya soal yang bagus tidak berhubungan langsung dengan rumus (langsung bisa didapat hasil), tapi ada beberapa tahap untuk sampai ke penyelesaian akhir.

Cara lain menyelesaikan soal pilihan ganda pertidaksamaan
  1. Pilihlan sebuah bilangan yang menghasilkan perhitungan yang mudah bila bilangan itu disubstitusikan ke dalam pertidaksamaan
  2. Substitusikan bilangan yang kita pilih itu ke dalam pertidaksamaan dan kemudian periksa kebenaran ketidaksamaan yang terjadi.
  3. Bila ketidaksamaan yang terjadi itu benar, himpunan penyelesaian yang benar harus mengandung bilangan yang kita pilih tadi. Namun bila salah, kesimpulannya adalah sebaliknya.

Penyelesaian persamaan kuadrat soal pilihan ganda
• Pertama-tama kita ganti dulu pengubah yang tidak diketahui nilainya dengan sebuah bilangan nyata sembarang. Bentuk yang terjadi kemudian kita analisis dengan menggunakan rumus-rumus dasar.
  1. Ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan data maupun informasi yang tersedia di dalam soal.
  2. Mengambil kesimpulan dengan data atau informasi yang ada dalam soal.
  3. Menciptakan cara mudah atau mempercepat untuk menyelesaikan soal

  1. Simak dengan cermat, adakah rumus dasar yang bisa langsung digunakan untuk menyelesaikan soalnya.
  2. Kalau tidak ada, periksa dengan cermat persamaannya apakah kita perlu melakukan pemisalan
  3. Kalau tidak perlu melakukan pemisalan, periksa model matematikanya yang ditanyakan, apakah kita perlu mengubah model itu menjadi model lain.
  4. Kalau memang harus mengubah modelnya, periksa dengan cermat, apakah kita perlu menggunakan rumus lain sebagai alat bantunya.
  5. Kalau tidak perlu mengubah modelnya, periksa apakah kita perlu melakukan substitusi.
  6. Periksa pula apakah kita perlu melakukan eliminasi.
  7. Kalau ditanya hubungan antara garis dengan parabolanya, lakukan substitusi dulu, kemudian periksa diskriminan persamaan kuadratnya.
  8. Bila diketahui gradien persamaan garisnya, simak dengan cermat, apakah kita membutuhkan rumus-rumus turunan sebagai alat bantunya.
  9. Periksa dulu apakah kita perlu menggunakan (kiat smar) untuk menyelesaikan pertidaksamaan sebagai alat bantu.
  10. Kalau soalnya dalam bentuk persamaan tersamar, segera bentuk model matematikanya (model persamaaan kuadratnya), selanjutnya analisis model itu dengan landasan pengetahuan tentang persamaan kuadrat.

Memahami soal yang ada
  1. apakah kita mengetahui arti semua kata yang digunakan? kalau tidak, carilah di indeks, kamus, definisi, dan lain sebagainya.
  2. apakah kita mengetahui yang dicari atau ditanyakan?
  3. apakah kita mampu menyajikan soal dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  4. apakah soal dapat disajikan dengan cara lain
  5. apakah kita dapat menggambar sesuatu yang dapat digunakan sebagai bantuan
  6. apakah informasi cukup untuk dapat menyelesaikan soal.
  7. apakah informasi berlebihan.
  8. apakah ada yang perlu dicari sebelum mencari jawab dari soal.

Menyusun suatu strategi
  1. apakah akan membahas berbagai strategi yang ada, tetapi jangan ragu-ragu untuk mencoba salah satu dari strategi untuk digunakan untuk menyelesaikan soal yang kita hadapi.
  2. pada umumnya strategi yang berhasil ditemukan seteleh beberapa kali mencoba strategi yang gagal. Kegagalan adalah satu langkah kecil untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Melakukan strategi yang kita inginkan
  1. Langkah ini lebih mudah dibanding menyusun strategi. Di sini hanya diperlukan kesabaran dan kehati-hatian untuk menjalankan.
  2. Melihat kembali pekerjaan yang telah kita lakukan. Selanjutnya, kalau perlu menyusun strategi baru yang lebih baik atau menuliskan jawaban dengan lebih baik.

Karasteristik yang baik bagi orang untuk mampu melakukan problem solving
  1. kemampuan mengerti konsep dan istilah matematika.
  2. kemampuan untuk mencatat kesamaan, perbedaan dan analogi.
  3. kemampuan untuk mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih prosedur yang benar.
  4. kemampuan untuk mengetahui hal yang tidak berkaitan.
  5. kemampuan untuk menaksir dan menganalisis
  6. kemampuan untuk memvisualisasi dan menginterpretasi kuantitas atau ruang.
  7. kemampuan untuk memperumum berdasarkan beberapa contoh.
  8. kemampuan untuk berganti metode yang telah diketahui.
  9. mempunyai keberanian diri yang cukup dan merasa senang terhadap materinya.

Saran untuk pengajar
  1. ajari dengan berbagai strategi yang dapat digunakan untuk berbagai soal
  2. berikan waktu yang cukup untuk murid mencoba soal yang ada.
  3. ajaklah murid untuk menyelesaikan dengan cara lain.
  4. setelahjawaban diperoleh, ajaklah murid untuk melihat kembali, melihat kemungkinan lain, mengatakan dengan bahasa sendiri, kemudian ajaklah untuk mencari penyelesaian dengan cara yang lebih baik.
  5. jika kita berhadapan dengan materi yang sulit, tidak berarti kita harus menghindar. Tetapi gunakan cukup waktu untuk mengulang dan mengerjakan soal yang lebih banyak. Mulailah dengan mengerjakan soal serupa, dan kemudian soal-soal yang lebih menantang.
  6. fleksibilitas di dalam pemecahan masalah (problem solving) merupakan perilaku belajar yang baik.
(Sumber: rohmansenyum.multiply.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontak Saya

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):
Glitter Text Generator at TextSpace.net