MANFAATKAN MASA MUDAMU SEBAIK MUNGKIN, RAJIN PANGKAL PANDAI

Jumat, 20 Februari 2009

Memasang Widget Artikel Terpopuler

Views


Di antara sekian banyak artikel atau postingan yang ada di blog kamu, artikel apa yang terpopuler? Artikel terpopuler biasanya dilihat dari dua segi. Pertama, dari banyaknya komentar yang masuk, baik melalui kotak di bawah postingan maupun dari bagian lain. Yang jelas bukan dari shoutmix atau buku tamu.

Kedua, dari banyaknya artikel yang dilihat atau dibaca pengunjung. Mungkin juga gak dibaca sampe abis, yang penting diklik. Sayangnya susah nyari blog dari negeri kita yang memuat rahasia itu. Aq iseng-iseng cari lewat Om Gugel, eh dapet dua website dari negeri seberang. Coba kamu iseng2 buka wowzio.com dan foxrecord.com.

Yang wowzio aq agak bingung makenya. Kalo dulu, kata salah satu blog dari Indon, pertama-tama kita klik build widgets lalu masukin nama blog kita dan bla...bla...bla... Tapi kemarin begitu aq klik build widgets, yang keluar lain, mungkin lagi di-upgrade kali websitenya.

Tentang foxrecord, langsung buka aja websitenya dari sini, tinggal klik di sini. Nanti ketemu tombol "add to blogger", klik, sign in, sampe deh ke blog kita dan langsung terpasang. Widget ini bisa juga untuk Wordpress. Nih, contohnya punya aq di side bar bagian kanan paling bawah.

Yang di bawah ini kode-kode untuk artikel terpopuler berdasarkan komentar yang paling banyak masuk dari pengunjung blog kita. Copy dan paste-kan lewat -> tata letak (layout) -> tambah gadget -> dasar-dasar -> html/javascript -> simpan.

<script type="text/javascript">
function pipeCallback(obj) {
document.write('<ol style="text-transform: capitalize;">');
var i;
for (i = 0; i < obj.count ; i++)
{
var href = "'" + obj.value.items[i].link + "'";
var item = "<li>" + "<a href=" + href + ">" + obj.value.items[i].title + "</a> </li>";
document.write(item);
}
document.write('</ol>');
}
</script>
<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_render=json&_callback=pipeCallback
&_id=ff855e4f4d4a10fde1c2eb32074f99cd&url=http%3A%2F%2Fnamablog.blogspot.com&num=10"
type="text/javascript"></script>
<span >Widget by
<a href="http://www.bloggerbuster.com" target="_blank">Blogger Buster </a></span>

Kata yang berhuruf hitam harus diganti dengan nama blog kamu, sementara yang hijau boleh diganti dengan angka lain, terserah kamu.

Sori nih, aku liat kode-kode ini dari beberapa blog. Jadi aq gak tahu siapa yang copy paste pertama. Biasanya sih suka dimodifikasi. Maka sumbernya aq belum tulis. Soalnya aq berusaha cari sumber aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontak Saya

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):
Glitter Text Generator at TextSpace.net